Ternak Ayam Joper : Keterangan, Analisa Usaha, Cara Ternak, Vitamin, Pakan, Penyakit Dan Panen

3 min read

Ternak Ayam Joper

Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Ternak Ayam Joper. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Ternak Ayam Joper bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Ternak Ayam Joper berikut ini.


Ternak Ayam Joper : Keterangan, Analisa Usaha, Cara Ternak, Vitamin, Pakan, Penyakit Dan Panen


Permintaan daging ayam kampung cenderung menghadapi kenaikan dari waktu ke waktu. Bagi Dirjen Bina Penciptaan Peternakan pasokan daging ayam kampung baru dapat penuhi 6% dari total kebutuhan daging ayam nasional. Lambatnya perkembangan ayam kampung jadi salah satu hambatan untuk peternak buat penuhi pasokan tersebut.

Berbeda dengan ayam broiler yang dapat panen cuma dalam waktu 28 – 35 hari saja. Tetapi, disaat ini perkara tersebut telah dapat dipecahkan dengan kedatangan ayam jawa super ataupun lebih kerap dikenal ayam joper yang biasa dipanen pada usia 45 – 60 hari.

Beternak ayam joper saat ini tengah jadi pembicaraan hangat di golongan warga. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ternak ayam joper ini. Antara lain ayam joper mempunyai keahlian berkembang lebih cepat dari pada ayam kampung biasa sehingga masa panennya juga lebih cepat.

Harga jual ayam joper di pasaran cenderung besar serta normal sehingga dapat membagikan keuntungan lebih dari peternak. Tidak hanya itu, untuk konsumen ayam joper memiliki daging yang lebih lezat dibandingkan ayam pedaging.


Apa Itu Ayam Joper?

Ayam Joper ataupun Ayam Kampung super merupakan ayam hasil persilangan antara ayam bangkok ataupun ayam kampung pejantan dengan petelur betina. Di bermacam daerah ayam joper mempunyai istilah yang berbeda – beda ialah seperti ayam jawa super, ayam koper, ayam kampung super, kamper serta bermacam istilah nama yang lain.

Induk dari ayam petelur bawa generasi yang gampang berkembang besar sebaliknya ayam bangkok ataupun ayam kampung bawa generasi daging ayam kampung yang lebih padat serta gurih. Kandang panggung merupakan kandang yang sesuai buat joper yang dipelihara di dataran tinggi. Dengan bilik yang diberi terpal buat kurangi temperatur dingin di kandang.

Baca Juga:  Cara Beternak Ayam Buras

Analisa Usaha Ayam Joper

  • Bayaran Operasional
  • Peminat Serta Harga Jual
  • Kelebihan Serta Kekurangan
  • Pemasukan Per Bulan Serta Balik Modal
  • Keuntungan Per Bulan

Cara Ternak Ayam Joper

Bersamaan dengan munculnya ayam ini banyak peternak yang mengawali usaha ternak, dengan bermacam tehnik serta cara dicoba buat memperoleh hasil yang optimal. Pasar ayam mulai ramai memperbincangkanya, permintaan yang mulai menanjak tajam buat mengkonsumsi rumahan ataupun usaha rumah makan

Kelengkapan Kandang

Beberapa perlengkapan kandang wajib kamu siapkan buat penuhi kebutuhan serta kenyamanan hidup ayam. Terdapat beberapa perihal yang butuh kamu siapkan, bagaikan berikut :

Lampu Pemanas

Pemanas diberikan buat anakan ayam yang disebut DOC ayam. Pemberian panas anakan ayam dicoba dengan memasang bohlam lampu dildalam kandang Doc, pemberian disesuaikan temperatur yang pas. Dibanding dengan gas lampu bohlam lebih baik serta efektif buat membagikan temperatur panas pada ayam. Umumnya per 100 ekor diberikan satu bohlam dengan dimensi temperatur dekat 60 – 100 watt.

Wadah (Tempat) Pakan

Pakan diberikan memakai wadah yang selalu terpelihara kebersihanya, kamu bisa menyeting tempat pakan supaya nyaman serta tidak tercampur dengan kotoran ayam. Upayakan pakan yang diberikan bisa memadai kebutuhan isi perut ayam kamu secara merat.

Tempat Minum Ayam

Wadah minum berperan buat memadai kebutuhan air didalam badan ayam, upayakan sebagai wadah yang memadai serta menyeluruh buat seluruh ayam. Buat melindungi kebersihan air upayakan pisahkan wadah air dengan pakan serta taruh lebih besar dari pangkal paha ayam dengan cara digantung dengan tujuan kurangi kotornya air minum ayam.

Mempersiapkan Bibit

Perihal yang penting dalam ternak ayam joper ialah bibit ayam itu sendiri. Mutu dari bibit pula memastikan nanti usahanya ke depan. Bibit yang besar sangat diperlukan untuk yang mau usaha ayam joper dengan daging yang tebal. Di samping itu, terdapat beberapa ciri dari bibit ayam joper yang siap buat diternakkan.

Karakteristik yang awal merupakan mempunyai mata yang bersinar dan bulu yang mengkilap nan bersih. Tidak hanya itu, bibit pula wajib sehat secara fisik serta badan yang tegap. Apabila menciptakan bibit yang tidak cocok dengan karakteristik yang telah disebutkan, baiknya jauhi. Perihal ini mempengaruhi dengan mutu dari ayam joper itu sendiri.

Baca Juga:  √ Cara Mudah Menanam Bunga Crossandra Agar Cepat Berbunga

Ternak Ayam Joper


Berikan Vitamin

Vitamin jadi fasilitas perkembangan bibit ayam serta membuat ayam bebas dari bermacam jenis penyakit. Terdapat 4 tipe vit yang wajib disiapkan buat usaha ternak ayam joper, di antara lain merupakan vita chick, vita tekanan pikiran, fortevit, serta neo medril. Pemberian vitaminnya pula wajib diatur sesuai dengan usia bibit ayam tersebut.

Untuk pemberian vita chick ialah saat bibit ayam terletak di umur 1 sampai 6 hari. Air gula pula wajib diberikan pada bibit ayam yang berumur satu hari. Buat vita tekanan pikiran dapat diberikan pada bibit ayam pada umur 4 hingga 32 hari. Fortevit diberikan pada bibit ayam di umur 12 hingga 32 hari. Buat neo medril diberikan pada umur bibit ayam 1 hari.


Berikan Pakan

Tidak hanya vit, pakan pula berarti buat keberlangsungan hidup ayam joper. Buat pakan ayam yang diberikan dapat memakai BR murni, air gula jawa, voer, serta lain – lain. Air gula jawa diberikan pada ayam yang baru tiba. Akan namun, bibit ayam yang baru tiba jangan langsung diberi pakan.

Kombinasi bekatul, kedelai, jagung, serta lain – lain dapat diberikan pada ayam pada umur setelah 1 bulan. Pakan BR murni ataupun voer diberikan pada bibit ayam hingga berumur 1 bulan ataupun 4 minggu. Dalam membagikan pakan ayam, yakinkan untuk diberikan dengan menyeluruh serta atur kombinasi bekatul dengan sayur cocok kebutuhan.


Penindakan penyakit

Bila telah terindikasi terserang penyakit tetelo, snot, ataupun gumbolo, maka lekas berikan obat sesuai dengan ciri penyakit yang dirasakan ayam. Obat tersebut bisa diperoleh di toko – toko pakan ternak.


Penangganan panen

Ayam joper siap panen ialah ayam yang sudah merambah umur 6 minggu dengan kisaran berat 0,7 – 0,9 kilogram. Bila pemeliharaan dilanjutkan sampai 12 minggu, maka berat ayam bisa menggapai 0,9 – 1,1 kilogram.

Tujuan menjaga ayam joper ialah memperoleh keuntungan optimal. Kamu wajib belajar serta terus melakukan pergantian yang buat terus menjadi baik. Demikian penjelasan kami tentang Ternak Ayam Joper dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.