Ternak Burung Kacer : Jenis, Metode, Pemilihan Induk, Perawatan Dan Pakan

3 min read

Ternak Burung Kacer : Jenis, Metode, Pemilihan Induk, Perawatan Dan Pakan

Ternak Burung Kacer : Jenis, Metode, Pemilihan Induk, Perawatan Dan Pakan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Ternak Burung Kacer.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Ternak Burung Kacert bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Ternak Burung Kacer berikut ini.


Ternak Burung Kacer : Jenis, Metode, Pemilihan Induk, Perawatan Dan Pakan


Kacer ialah salah satu spesies unggas yang cukup menawan. Harga burung ini pula tidak murah, perihal ini disebabkan memiliki kelebihan pada suara merdu yang dapat disiulkan kapan saja.

Ternak burung kacer saat ini sangat menguntungkan sekali, serta baik buat kelangsungannya di waktu mendatang.

Bila kamu merupakan salah satu orang yang mau melakukan budidaya ini, berikut bermacam Metode Ternak Burung Kacer Dalam Sangkar dengan tepat.

Jenis – jenis Burung Kacer

Kacer Jawa

Ciri khas yang dipunyai kacer jawa merupakan rupanya didominasi gelap (corak putih cuma ada pada bagian sayap), suaranya lebih merdu serta nyaring. Kacer jawa pula pintar meniru bunyi – bunyi yang terdapat di sekitarnya.

Kacer jawa tidak sangat suka cuaca dingin serta lebih menggemari wilayah yang suasananya agak panas.

Kacer Poci

Kacer poci nyaris sama dengan kacer jawa, cuma saja bila kacer jawa habitat aslinya banyak ditemui di pulau jawa, kacer poci lebih banyak di sumatera serta Kalimantan.

Bila dilihat dari corak bulunya, terdapat warna putih pada bulu bagian ekor, sayap serta dadanya. Sedangkan bagian yang lain bercorak gelap.

Kacer Blorok

Kacer blorok merupakan hasil pernikahan silang antara kacer jawa serta kacer poci. Sehingga corak bulunya jadi warna gelap serta putih yang ialah perpaduan indukan asalnya.


Metode Ternak Kacer Supaya Kilat Sukses

Pemilihan indukan burung kacer

Pemilihan indukan merupakan perihal yang sangat penting bila Kamu mau memelihara burung kacer.

Baca Juga:  Panduan Cara Mudah Budidaya Alpukat Bagi Pemula

Seperti halnya hewan peliharaan lain, kualitas indukan hendak memastikan mutu anak – anaknya nanti yang hendak dipelihara serta budidayakan.

Berikut merupakan ciri indukan kacer yang bermutu:

  • Indukan jantan serta betina telah merambah umur kawin (telah berusia 10 bulan hingga satu tahun).
  • Mempunyai nafsu makan yang baik serta tidak lesu ataupun bergerak dengan lincah.
  • Giat berkicau serta kicauannya merdu.
  • Indukan kacer betina yang diseleksi baiknya telah agak jinak.

Sebab kacer termasuk salah satu jenis burung yang sulit dikawinkan, maka hendak lebih baik membeli indukan yang telah berpasangan terlebih dulu.

Pembuatan Kandang

Buat ukuran kandang hendaknya pilih yang luas serta aman tujuannya tidak lain supaya sang burung cepat berproduksi.

Idealnya burung kacer produksi terletak dalam kandang ukuran 150cm x 100cm x 180cm umumnya terbuat dari papan kayu yang dipadukan dengan ram kawat pada bagian depan.

Sebaliknya buat tempat sarang idealnya berukuran hingga 20cm persegi. Posisi sarang hendaknya diletakan pada bagian sudut atas kandang tujuannya supaya indukan betina merasa tenang dikala proses pengeraman.

Bahan yang digunakan buat mengisi sarang hendaknya pakai sabut kelapa, tangkai daun sengon, ijuk daun cemara serta sebagainya.

Seluruh bahan tadi cukup diletakan pada dasar sangkar serta perkenankan indukan betina membuat sarangnya sendiri.

Ternak Burung Kacer : Jenis, Metode, Pemilihan Induk, Perawatan Dan Pakan


Perjodohan

Ini ialah proses yang sangat berarti dalam usaha budidaya burung kacer, soalnya apabila proses perjodohan kandas hingga kamu tidak hendak dapat menciptakan anakan kacer.

Metode jitu melakukan perjodohan burung kacer:

  • Langkah awal masukan indukan jantan ke sangkar perjodohan.
  • Setelah itu taruh indukan kedalam sangkar setelah itu masukan bersama sangkarnya kedalam sangkar perjodohan.
  • Perkenankan selama beberapa jam serta amati respon keduan indukan, rukun ataupun tidak.
  • Kala indukan jantan giat berkicau sembari mendekati betina serta indukan betina merespon dengan gerakan turun kedasar sangkar, ditentukan kedua indukan berjodoh.
  • Bila tidak berjodoh indukan betina hendak menjauhi indukan jantan.

Metode Perjodohan Burung Kacer

Trik mengawinkan burung kacer dengan metode menjodohkan indukan jantan serta betina ke dalam kandang gantung.

Baca Juga:  √ Cara Budidaya Labu Siam Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Bila indukan jantan serta betina telah berusia serta masuk masa birahi, mereka hendak segara kawin. Umumnya ternak kacer yang siap kawin memiliki usia berkisar 10 bulan.

Lalu gimana metode melihat kalau indukan jantan serta betina burung kacer siap buat dijodohkan? Berikut ini isyarat burung kacer siap buat dipasangkan:

  • Calon indukan kacer jantan berkicau lebih keras dari biasanya
  • Calon indukan kacer betina lekas membalas kicauan tersebut
  • Kacer jantan serta betina hendak nampak risau, terlebih bila Kamu menjauhkan jarak antar keduanya.

Perawatan Serta Pakan

Soal perawatan kamu cukup jaga kebersihan kandang secara teratur dengan metode membersihkannya cukup 2 kali dalam seminggu.

Tidak hanya itu jatah pakan serta pula pengantian air minum pula wajib dicermati secara jeli.

Tidak hanya itu kamu pula dituntut buat sediakan tempat yang tenang ataupun jauh dari hewan predator seperti kucing, ular ataupun tikus.

Untuk permasalahan pakan kamu dapat memberikan voor yang bermutu ditambah dengan EF berbentuk jangkrik sebanyak 5 – 10 ekor/hari.


Mengambil Anak Kacer

Pada biasanya, anakan kacer baru dapat diambil dalam waktu sekurang – kurangnya 3 hingga 4 minggu ataupun satu bulan. Sehabis itu, buatkan kandang sendiri supaya dapat melakukan menyesuaikan diri baru tanpa induknya.

Pelolohan Anak

Masa ini merupakan waktu dimana kamu wajib memberikan stock pakan terhadap piyikan kacer sehabis 4 minggu lepas dari si induk. Rajinlah buat memberikan pakan jangkrik, belalang ataupun kroto.

Penyapihan Piyik ataupun Anak Kacer

Tahap ini merupakan waktu buat si anak kacer betul – betul lepas dari si induk alias tidak sedikitpun ketergantungan pada induknya.

Sebab terus menjadi besar anakan kacer hendak terus menjadi wajib di pisahkan, sebab ini merupakan ternak kacer buat menciptakan rupiah.

Melakukan Pemasteran Kacer Kecil

Lakukan metode ini dengan siulan lagu ataupun metode apa saja supaya dapat membuat kacer kecil terbiasa serta terlatih buat dapat bersiul hingga dengan berusia.

Demikian penjelasan kami tentang Ternak Burung Kacer dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.