Ternak Murai : Petunjuk, Pemilihan, Kebersihan, Pakan, Pembibitan Dan Panen

2 min read

Ternak Murai : Petunjuk, Pemilihan, Kebersihan, Pakan, Pembibitan Dan Panen

Ternak Murai : Petunjuk, Pemilihan, Kebersihan, Pakan, Pembibitan Dan Panen – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Ternak Murai.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Ternak Murai bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Ternak Murai berikut ini.


Ternak Murai : Petunjuk, Pemilihan, Kebersihan, Pakan, Pembibitan Dan Panen


Merawat burung kicau sekarang menjadi hobi bagi sebagian orang di Indonesia. Namun, tidak banyak orang yang hobi menggunakan burung untuk tetap menjadi ladang penghasilan.

Bagi Anda yang memiliki hobi burung kicau , Anda tentu tahu tentang burung murai ini. Murai termasuk burung  kicau yang saat ini terancam karena perburuan ilegal.

Murai batu termasuk dalam keluarga Muscicapidae atau burung cacing.

Burung – burung ini tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan juga tersebar di beberapa bagian Jawa. Beberapa ahli menganggap ras dari Kalimantan Utara Kucica Alis – putih sebagai spesies terpisah.

Selain cocok untuk digunakan sebagai hewan peliharaan Anda di rumah, Anda dapat menggunakan murai ini untuk area bisnis yang sangat menjanjikan. Karena murai batu memiliki suara kicau, melodi, dan juga sangat bervariasi.


Ternak Murai Batu Mudah Dan Aman

Kandang Ternak

  • kandang ternak yang saya buat adalah untuk pondasi rumah dengan ukuran 4 mx 4 m dan tinggi sekitar 3 m dan dibagi menjadi tiga kamar untuk kandang ternak dan sekarang saya telah melihat seseorang menggunakan kandang burung untuk berkembang biak burung murai batu dan bekerja
  • Untuk saran di bawah kandang untuk diberikan kawat karena sekali induk saya makan tikus
  • Di dalamnya diberikan lebih dari satu spons sehingga ia memilih di mana diberi tanaman dan daun pinus untuk media pemijahan
Baca Juga:  Cara Menanam Rumput Gajah : Keunggulan, Proses, Merawat Dan Akhir Kata

Pemilihan induk batu murai

  • Induk jantan setidaknya setidaknya saya telah berumur lebih dari dua tahun (setidaknya sudah bernafsu)
  • Induk betina yang saya pilih telah mengalami setidaknya 2 kali atau telah dapat bergabung satu kali (dari botol), tetapi setelah bulunya tumbuh sempurna, jangan langsung mengarahkannya dalam barisan, biarkan berdiri selama 2 bulan

Cara Menjaga Kebersihan Kandang Murai Batu

Menjaga kebersihan sangkar murai batu adalah faktor yang paling penting untuk keberhasilan dalam membudidayakan batu murai.

Dengan tingkat kebersihan yang terjaga, munculnya kuman dan hama tentu bisa diminimalisir.

Dan batu magpie akan terasa lebih nyaman sehingga terhindar dari serangan stres yang merupakan pemicu munculnya berbagai penyakit pada murai batu.

Tips perawatan untuk keramba batu murai:

  • Bersihkan area pakan dan minuman setiap hari.
  • Setiap pagi, pakan dan air minum harus selalu diganti dengan yang baru. Air minum yang tersisa atau pakan yang belum selesai harus dibuang.
  • Setiap hari, kotoran burung murai harus dibersihkan dan kotoran dibuang di tempat khusus.
  • Sekali seminggu, setidaknya kandang dibersihkan secara keseluruhan.
  • Setelah kotoran dihilangkan, kandang dapat dicuci dan kemudian disterilkan dengan desinfektan dan antidot, dan dikeringkan di bawah sinar matahari.
  • Tenggeran murai batu juga harus dibersihkan setidaknya setiap empat hari sekali.

Cara Memberi Pakan Batu Murai

Pakan adalah salah satu faktor terpenting dalam memelihara batu murai. Batu murai membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mendukung aktivitas dan produktivitasnya.

Agar nutrisi terpenuhi, kubus murai perlu diberi pakan segar dan bervariasi. Pemberian vitamin untuk burung murai batu juga diperlukan.

Pakan batu murai dapat berupa makanan alami, makanan buatan, atau campuran makanan buatan dan makanan alami.

  • Pakan Batu Murai Alami

Batu murai termasuk burung karnivora atau pemakan daging. Di habitat aslinya, pakan burung murai adalah berbagai serangga seperti semut rangrang dan ulat bulu.

  • Pakan Kroto yang Diutamakan oleh Murai Batu

Meski sedikit mahal di pasaran, koroto tetap menjadi pilihan terbaik untuk pakan burung. Selain nilai gizinya yang sangat tinggi, telur semut rangrang memang menjadi makanan favorit burung kicau, terutama untuk burung murai batu.

  • Voer Burung Khusus

Voer burung khusus digunakan sebagai pakan untuk kicau burung. Ada banyak jenis dan merek voer burung di pasar ini. Penggunaan voer sebagai pakan burung jauh lebih praktis dan harganya juga murah.

Baca Juga:  √ Panduan Menanam Rumput Gajah agar Cepat Tumbuh Lebat

Ternak Murai : Petunjuk, Pemilihan, Kebersihan, Pakan, Pembibitan Dan Panen


Pembibitan Murai Batu

Masukkan calon induk betina ke dalam kandang. Betina yang ditempatkan di kandang harus berusia sekitar 1 tahun atau siap dikawinkan.

Kemudian, tambahkan 2 wanita dan biarkan selama kurang lebih 2 minggu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Setelah itu, masukkan batu jantan murai dan kandangnya ke dalam kandang wanita.

Tujuannya adalah untuk mencegah serangan murai jantan pada dua betina. Jadi itu harus beradaptasi dalam waktu kurang dari 1 minggu.

Tunggu burung betina bernafsu. Secara umum, burung betina akan bersiul dan kemudian mendekati kandang murai dari batu jantan.

Ketika burung jantan dan betina dekat satu sama lain, ini adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkan murai dari kandang.


Panen Anakan

  • Dapat diambil berumur satu minggu atau rambut duri baru muncul kemudian dimasukkan ke dalam kandang inkubator dan dilolohi atau dirawat oleh saya dengan memberi makan burung – burung. Biasanya saya suka jangkrik yang dipotong berkali – kali dan kepala kemudian dicelupkan ke dalam air juga bisa dengan Kroto dan pru lolohan proses ini dilakukan agar produksi induk lebih cepat
  • Bisa juga membiarkan ayam besar oleh induknya d setelah kita bisa makan sendiri lalu kita ambil

Demikian penjelasan kami tentang Ternak Murai dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.